kuliah S1 data science

Di tengah kemajuan teknologi seperti sekarang tentu mendorong kita untuk mengarah pada digitalisasi. Terlebih banyak teknologi yang berkembang, sehingga prospek kerja data science pun semakin luas. Belakangan ini pun bidang data science menjadi highlight karena semakin banyak perusahaan yang membutuhkan pengelolaan data besar atau big data untuk memaksimalkan pertumbuhan serta perkembangan bisnis mereka. Tak heran apabila banyak dibutuhkan lulusan kuliah S1 Data Science.

Data science sendiri merupakan jurusan yang mempelajari pengelolaan dan interpretasi data guna menemukan formula tersembunyi di dalamnya. Tujuan dari pengelolaan data ini sendiri adalah memetakan preferensi target pasar serta memprediksi potensi yang bisa didapatkan di masa depan.

Dalam jurusan ini, Anda akan mempelajari berbagai ilmu, antara lain matematika, statistika, bahasa pemrograman, transformasi data, komunikasi, manajemen, ekonomi, hingga bisnis. Tujuannya untuk menunjang keahlian dalam menghadapi era digital serta menjadi bukti prospek kerja data science yang luas. Nah, berikut beberapa prospek kerja kuliah S1 data science!

  1. Data engineer

Salah satu profesi yang dibutuhkan dalam bidang sains data adalah data engineer. Di mana untuk bisa memanfaatkan data dari berbagai sumber guna mengambil keputusan bisnis, dibutuhkan orang yang bisa mengumpulkan dan mengubah data menjadi informasi. Data engineer sendiri bertugas mempersiapkan data dari berbagai sumber dan memastikan data perusahaan berjalan dengan baik. 

  1. Data scientist

Profesi yang satu ini merupakan pemegang kendali teknologi pengelolaan data di sebuah profesi. Data scientist sendiri banyak dibutuhkan dan menjadi prospek kerja yang paling menjanjikan. Seorang data scientist harus memahami matematika, statistika, pemrograman, hingga bisnis. Selain itu, sebagai data scientist harus bisa bekerja dalam tim untuk mengumpulkan berbagai informasi dan data. Tujuan dari analisa data tersebut adalah untuk memprediksi perilaku konsumen sampai mengidentifikasi peluang bisnis. 

Tentunya, sebagai data scientist memiliki tugas menganalisa data dalam jumlah besar di perusahaan. Dengan kata lain, Anda harus mempunyai kemampuan analisa data yang baik dengan menggabungkan data, memastikan konsistensi data, memilih faktor serta algoritma yang mempengaruhi data, dan membuat laporan terkait data tersebut.

  1. Data architect

Mungkin jarang terdengar, tapi perlu diketahui prospek kerja sains data ini juga tinggi, lho! Data architect sendiri adalah seorang arsitek dari data yang diolah. Ya, lebih kompleks data architect memiliki peran mendesain, mengembangkan, serta mengelola infrastruktur perusahaan. Serta berfokus untuk memastikan kualitas data hingga bisa diakses serta dioptimasi oleh perusahaan. Tugas dari profesi ini adalah bergabung dengan tim IT serta manajemen berhubungan dengan strategi data, membangun inventory data, melakukan riset serta mengevaluasi arus manajemen data, dan membuat laporannya. 

  1. Data analyst

Perkembangan teknologi di masa sekarang mendorong pertumbuhan bisnis digital. Tak heran apabila sekarang perusahaan memanfaatkan dari dari internet untuk menentukan target pasar. Nah, kegiatan menganalisa target pasar tersebut adalah tugas data analyst. Dengan kata lain, data analyst bertanggung jawab menganalisa dan meriset data dengan tools tertentu. Adanya data analyst pun sangatlah penting di dunia bisnis mengingat perilaku, selera, serta tren yang beragam dan terus mengalami perubahan. Secara umum, data analyst melakukan riset untuk kebutuhan pemasaran dan perkembangan produk dari media sosial dan mesin pencarian.

Menjanjikan bukan prospek kerja dari kuliah S1 Data Science? Tentunya gaji dari berbagai prospek kerja di atas pun tinggi mengingat kesulitan akan pengelolaan dan interpretasi data. Terlebih di era digital seperti sekarang data science menjadi ilmu yang memiliki peranan penting untuk berjalannya sistem digital dan bisnis digital dengan baik.

By admin

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *