Ilustrasi atap polikarbonat gelombang

Atap kini telah banyak pilihan variasinya. Tak lagi hanya berupa genteng tanah liat saja. Baik itu variasi bahan pembuatannya hingga variasi dalam bentuk dan warnanya. Salah satunya ada yang namanya atap polikarbonat gelombang. Berikut beberapa keunggulannya.

Bagus dalam Meneruskan Cahaya

Polikarbonat corrugated merupakan jenis atap polikarbonat yang memiliki bentuk bergelombang. Material polimer yang spesial, polycarbonate seringkali dipergunakan sebagai pengganti kaca sebab bersifat mampu meneruskan cahaya, dengan tingkat kemampuan meneruskan cahaya mencapai hingga 90%. Polikarbonat gelombang transparan atau semi transparan, memungkinkan cahaya alami bisa masuk ke dalam ruangan. Hal ini menciptakan lingkungan yang terang dan nyaman di bawah atap, juga mengurangi kebutuhan akan pencahayaan buatan.

Ramah Lingkungan

Material polikarbonat itu ramah lingkungan dan tidak menimbulkan pencemaran. Sehingga aman digunakan dan mudah proses daur ulangnya.

Mudah Dibentuk

Struktur polikarbonat juga memiliki sifat yang lentur. Dengan begitu maka mudah untuk dibentuk menjadi beragam jenis pola, termasuk pola gelombang.

Secara Estetika Menarik

Atap polikarbonat corrugated mempunyai pola bergelombang yang menciptakan efek estetika yang menarik. Pola tersebut membantu dalam penyebaran cahaya alami dalam ruangan, dan mengurangi bayangan serta memiliki efek cahaya yang tajam.

Ringan

Polikarbonat juga merupakan bahan yang sangat ringan jika dibandingkan dengan kaca atau bahan atap lainnya. Bobotnya yang ringan tersebut membuatnya mudah diangkut, dan diangkat, serta dipasang, juga mengurangi beban struktural pada bangunan.

Mudah Pemasangannya, Hemat Waktu

Cara memasangnya juga mudah. Bisa hemat waktu karena dapat dipasang dengan cepat. Cukup dengan sistem penjepit atau paku yang sesuai maka proses pemasangannya menjadi lebih singkat dan tidak memerlukan peralatan khusus, sehingga bisa hemat biaya instalasi.

Fleksibilitas yang Tinggi

Berbeda dengan bahan kaca, maka atap polycarbonate memiliki struktur yang fleksibel. Jenis atap ini mudah dicetak dan dibentuk serta dipotong sesuai dengan kebutuhan. Bahkan, jenis atap rumah ini memiliki motif dan tekstur tertentu yang bisa disesuaikan dengan konsep huniannya. Tersedia dalam beragam ukuran besar kecilnya gekombang maupun ukuran luasan satuan atap, bisa kecil atau lebar, juga dengan variasi tingkat ketebalannya.

Mampu Meredam Sinar Ultraviolet

Bahan atap polycarbonate juga memiliki kemampuan untuk meredam sinar ultraviolet. Sehingga dapat mengurangi panas yang disebabkan oleh matahari, kuat menghadapi cuaca panas di Indonesia.

Insulasi Termal

Polikarbonat dengan kemampuan isolasi termal yang baik, bisa membantu menjaga suhu di bawah atap agar stabil. Hal ini dapat mengurangi konsumsi energi untuk pemanasan dan pendinginan dalam bangunan.

Tahan Terhadap Bahan Kimia

Bahan Polikarbonat memiliki ketahanan terhadap berbagai bahan kimia, termasuk asam, alkali, juga pelarut. Sehingga tahan air hujan yang bersifat asam dan tidak akan mudah berkarat, tahan korosi.

Harga yang Ekonomis

Atap polikarbonat corrugated juga memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan atap polikarbonat solid, apalagi harga kaca.

Beberapa keunggulan tersebut, membuat atap polikarbonat gelombang menjadi pilihan yang populer untuk berbagai aplikasi atap, termasuk untuk digunakan sebagai atap teras, dan serambi, juga garasi, hingga penutup kanopi, dan struktur komersial lainnya.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *