Kompor adalah alat pemanas yang umum digunakan untuk memasak di rumah tangga maupun bisnis kuliner. Namun, bagaimana dengan griddle electric? Bisa dipastikan tidak banyak orang yang pernah mendengar tentang alat ini. 

Walaupun penggunaan alat ini sudah semakin luas terutama di dunia kuliner dan industri makanan. Namun, penggunaannya sendiri bisa dibilang kurang familiar. Jadi, ada sebagian orang yang mungkin tidak pernah mendengarnya. 

Mengenal Griddle Electric 

Alat masak satu ini memiliki fungsi yang serupa dengan kompor namun dengan lebih banyak fungsi. Griddle Electric adalah perangkat memasak dengan komponen permukaan yang datar. Komponen ini terbuat dari baja atau bahan anti lengket yang anti karat. 

Permukaan ini berguna untuk memasak beberapa makanan sekaligus. Jadi, para penggunanya bisa memasukkan roti, daging, ayam, bahkan adonan pancake dalam satu waktu. 

Panasnya berasal dari komponen di bawahnya, energi panasnya berasal dari listrik untuk yang tipe elektrik. Selain yang tipe elektrik, sebenarnya ada pula griddle yang menggunakan gas sebagai bahan bakar. 

Kelebihan Griddle Electric Dibandingkan Dengan Alat Masak Biasa 

Jika membahas tentang kelebihan, bisa dibilang peralatan masak ini memiliki banyak kelebihan. Apalagi, di segi kemudahan, multi-tasking, dan energi yang digunakan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah berbagai kelebihan alat masak satu ini:

  1. Portabel 

Keunggulan utama dari alat masak ini adalah kepraktisan yang ditawarkannya. Karena memang bentuk dari alat masak ini sangat portabel. Bisa dibawa dengan mudah dan diletakkan di berbagai sudut di dapur. 

Tidak hanya di dapur, jika ingin memasak di luar ruangan pun bisa dilakukan. Selama peralatan masak ini mendapatkan energi listrik. Ukurannya juga cenderung compact sehingga mudah dalam penyimpanan dan pembersihan. 

  1. Tidak Perlu Gas 

Karena sumber energinya merupakan listrik, sudah jelas peralatan masak ini tidak memerlukan gas lagi. Seperti yang diketahui, bahwa sumber energi listrik mudah diakses. Selain itu, lebih minim resiko dibandingkan gas. 

Para pengguna tidak perlu merasa khawatir lagi mengenai kebocoran gas atau mungkin aspek keamanan yang lain. Selain itu, listrik bisa dibilang lebih hemat dalam pengeluaran dibandingkan dengan menggunakan gas. 

  1. Mudah Dalam Penggunaan 

Alat masak ini juga sangat mudah digunakan, karena menggunakan komponen elektrik. Cara menggunakannya tingga dinyalakan dan ditunggu sampai panas sebelum digunakan untuk memasak. 

Selain itu, peralatan masak ini biasanya sudah dilengkapi dengan pengatur suhu. Jadi, para pengguna tidak perlu memikirkan besaran api ketika menggunakannya. Tinggal berpatokan dengan pengatur suhu yang ada saja. 

Dengan pengenalan mengenai griddle electric di atas mungkin akan lebih banyak orang yang tertarik untuk menggunakan. Apalagi, peralatan masak satu ini ideal digunakan di rumah maupun untuk industri kuliner. Bisa menjadi pertimbangan alat masak yang baru. 

By admin

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *