praktek dokter gigi

Klinik gigi merupakan salah satu lokasi perawatan gigi yang bisa dikunjungi oleh pasien yang mempunyai gigi bermasalah. Sebenarnya di Indonesia sendiri telah banyak klinik gigi yang berkualitas dan terpercaya. Lantas bagaimana cara memilih klinik gigi terdekat dan terpercaya? Simak di sini!

Kapan Harus Berkunjung Ke Klinik Gigi? 

Mengunjungi klinik gigi sebenarnya bukan hanya saat gigi bermasalah saja, namun mengunjungi klinik gigi juga sangat dianjurkan untuk pemeriksaan gigi yang tidak bermasalah. 

Untuk pemeriksaan gigi secara berkala lebih baik dilakukan enam bulan sekali. Jika ada kondisi gigi yang bermasalah akan lebih baik dilakukan pemeriksaan setidaknya 3 bulan sekali. 

Cara Memilih Klinik Gigi Terpercaya 

Saking banyaknya klinik gigi yang ada di Indonesia, membuat seseorang merasa kebingungan dan tidak yakin menentukan klinik gigi yang terpercaya. Tapi, jangan khawatir ada cara memilih klinik gigi terpercaya dan profesional, yaitu: 

  1. Periksa Sertifikasi dan Lisensi 

Ketika memilih klinik gigi, pastikan Anda memerhatikan sertifikasi dan lisensi yang menunjukkan bahwa klinik gigi tersebut terpercaya dan profesional. Klinik gigi yang terpercaya harus terdaftar pada badan regulasi berwenang, contohnya di Kementerian Kesehatan atau Asosiasi Dokter Gigi Indonesia (PDGI). 

  1. Cek Reputasinya 

Anda harus melihat testimoni atau komentar dari pasien sebelumnya. Baca testimoni mereka satu per satu untuk menyimpulkan sebagian komentar berisikan komentar negatif atau positif. Jika banyak komentar positif, maka klinik gigi tersebut telah profesional dan terpercaya. 

  1. Cek Fasilitas yang Disediakan

Klinik gigi yang telah berpengalaman dan profesional akan membuat fasilitas pendukung perawatan gigi yang tepat. Misalnya, alat modern seperti digital X-ray, teknologi CAD/CAM, hingga mesin CEREC (mesin yang digunakan untuk pembuatan mahkota gigi instan), dan masih banyak alat yang lainnya. 

  1. Responsif 

Jika ingin mengunjungi klinik gigi hal utama yang perlu dilakukan adalah konsultasi dengan klinik gigi tersebut. Saat konsultasi ini Anda harus menyesuaikan jadwal dokter gigi. Biasanya klinik gigi yang profesional akan menanggapi pertanyaan pasien dengan tepat dan baik. 

  1. Memerhatikan Harga 

Harga perawatan di klinik gigi sangat beragam, bisa tergantung lokasi maupun perawatan yang diberikan. Maka dari itu, ketahui perkiraan harga per masing-masing perawatan di klinik gigi .

Jadi, Anda bisa mempersiapkan dahulu biaya untuk perawatan gigi dan mulut. Anda juga bisa memilih klinik gigi murah terdekat yang telah berlisensi. 

  1. Pastikan Klinik Gigi Bersih 

Klinik gigi harus mampu menjaga seluruh prasarana dan sarana dengan baik. Klinik gigi juga harus memiliki alat sterilisasi untuk membersihkan seluruh alat yang pernah atau belum pernah digunakan. 

  1. Pilih Klinik Gigi terdekat yang Nyaman 

Pilihlah lokasi klinik gigi yang bisa membuat Anda merasa lebih nyaman, tenang, dan hasil yang diberikan berkualitas. Nyaman ini bisa muncul, karena lingkungan yang bersih, petugas yang ramah, perawatan yang ramah, dan dokter yang telah ahli di bidangnya. 

Demikianlah penjelasan tentang pentingnya berkunjung ke klinik gigi terdekat dan cara memilih klinik gigi yang berkualitas yang bisa Anda coba. Semoga membantu!

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *