Ilustrasi Konstrusi Bangunan Dengan Besi WF

Besi WF merupakan lempengan baja berkekuatan tinggi yang cocok dalam menahan maupun menarik beban. WF sendiri adalah singkatan dari wide flange atau baja pipa lebar yang menggambarkan kegunaan utama dari material yang satu ini. Ya, walaupun secara harfiah bermakna baja pipa yang lebar, namun bentuknya sama sekali tidak terlihat seperti pipa. Melainkan, lebih mirip dengan baja berbentuk huruf H.

Walaupun bentuknya sangat mirip dengan besi H-beam, namun besi WF cenderung memiliki gaya tekan dan tarik yang cukup tinggi. Manfaat dari sifat yang satu ini tentunya cukup besar, salah satunya adalah konstruksi bangunan yang lebih efisien.

Fungsi-Fungsi Besi WF

Secara umum, besi WF digunakan sebagai salah satu material utama untuk membuat rangka gedung. Banyak pakai bangunan seperti pihak pemborong dan developer yang menggunakan besi WF sebagai bagian dari fondasi utama. Besi WF memang cenderung seimbang dalam hal kekuatan dan daya tarik.

Selain gedung bertingkat dan rumah tinggal, besi WF juga digunakan sebagai material untuk bangunan lainnya. Contohnya adalah jembatan, pelengkap tiang pancang, kanopi, dan bahkan jalan raya.

Kelebihan Besi WF

Tentu saja, ada banyak alternatif material yang bisa digunakan untuk menggantikan besi WF. Akan tetapi, tingginya minat terhadap bahan bangunan yang satu ini bulannya tanpa alasan. Tidak bisa dipungkiri, besi WF memang memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan material sejenisnya. Apa sajakah? Berikut ini diantaranya.

  1. Memperkuat Fondasi Bangunan

Fondasi Bangunan harus kuat dan kokoh agar bangunan di atasnya bisa berdiri tegak tanpa adanya resiko ambruk. Oleh sebab itu, material yang digunakan juga harus kuat. Salah satu pilihan yang tepat adalah adalah menggunakan besi WF sebagai tiang penyangganya.

Jika menggunakan kayu biasa, bangunan bisa mengalami keretakan setelah lewat usia 10 tahun. Akan tetapi, ketika menggunakan besi baja jenis ini, bangunan bisa lebih awet. Bahkan keretakan tidak akan nampak sebelum lewat 20 tahun.

  1. Menahan Gaya Gravitasi Saat Pembangunan

Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada saat pembangunan adalah gaya gravitasi dari bangunan itu sendiri. Apalagi, jika yang dibangun adalah gedung yang tinggi. Hal inilah yang sering menyebabkan proses pembangunan menjadi lebih lama.

Bangunan yang menggunakan besi WF sebenarnya memiliki persoalan yang sama. Namun, biasanya masalah ini terasa lebih ringan karena besi WF mampu menahan gaya gravitasi lebih baik lagi selama proses pembangunan.

  1. Melindungi Tanah Yang Tidak Stabil

Kontur dan kondisi tanah bisa bermacam-macam di setiap wilayah. Ada yang stabil namun ada pula yang tidak. Nah, untuk jenis tanah yang tidak stabil ini, bisa dilindungi menggunakan besi WF. Sistem perlindungan tanah yang tidak stabil ini sering pula disebut dengan the waler system.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *