juice from juice extractor

Hidup sehat bisa dilakukan dengan sering dan rutin konsumsi beragam buah-buahan dan sayuran. Guna mempermudah konsumsinya maka tersedia berbagai alat bantu untuk memprosesnya. Seperti blender dan juice extractor. Bedanya jika menggunakan blender maka memerlukan campuran air, perlu mengupas dan memotong-motong buahnya menjadi lebih kecil dulu dan hasilnya masih tercampur dengan serat kasar buahnya, juga cenderung agak kental. Sedangkan jika menggunakan jus extractor maka buah bisa langsung diproses tanpa memotongnya kecil-kecil dulu, lebih praktis, tanpa memerlukan tambahan air, sehingga hasilnya lebih murni dan hasil ekstraknya halus, tanpa serat kasarnya, dan lebih cair. Di pasaran tersedia aneka jenis juice extractor, selain beragam kapasitas dan watt listrik serta bentuk, ukuran fisik, juga warna serta merknya maka ada beberapa jenisnya sebagai berikut.

Centrifugal Juicer

Jenis ini yang paling umum. Buah dan sayuran diproses dengan menggunakan pisau berputar yang bergerak cepat menghancurkan, lalu memisahkan jus dengan gaya sentrifugal. Hasil jusnya cenderung berbusa dan teroksidasi, sehingga lebih cepat rusak, serta kurang efisien untuk sayuran berdaun. Namun kerjanya cepat dan cukup mudah digunakan, harganya juga lebih terjangkau, mudah didapatkan.

Masticating Juicer atau Cold Press Juicer

Prosesnya menggunakan auger atau ulir, untuk menghancurkan buah dan sayuran dengan secara perlahan, mengekstrak jus. Sehingga mampu menghasilkan jus yang lebih berkualitas  dan lebih sedikit oksidasi, serta lebih banyak nutrisi dan enzim tetap utuh dalam jus. Efisien untuk berbagai jenis buah dan sayuran, termasuk sayuran berdaun. Meski cenderung lebih lambat kerjanya, perlu waktu yang agak lama dan harganya juga biasanya agak lebih mahal dari jenis centrifugal juicer.

Triturating Juicer atau Twin Gear Juicer

Prosesnya menggunakan dua gear yang saling berputar untuk menghancurkan bahan dengan tingkat presisi yang tinggi. Hasilnya lebih berkualitas dengan sangat sedikit oksidasi, dan tinggi tingkat kandungan nutrisinya serta lebih kaya rasa, lebih enak. Kerjanya sangat efisien untuk sayuran berdaun. Meski harganya cukup mahal dan perawatannya biasanya lebih rumit.

Citrus Juicer

Mesin ini dirancang khusus untuk mengekstrak jus dari buah-buahan sitrus seperti jeruk, dan lemon, juga grapefruit. Kerjanya sangat efisien untuk buah sitrus, dan mudah digunakan serta mudah pula dibersihkan. Namun hanya bisa digunakan untuk buah sitrus saja, tidak bisa digunakan untuk sayuran dan buah lainnya.

Manual Juicer

Prosesnya menggunakan tenaga tangan manusia untuk menekan atau memeras jus. Hemat listrik dan harganya terjangkau serta mudah dibersihkan. Namun memerlukan tenaga yang cukup banyak, sehingga cukup melelahkan dan tidak efisien untuk volume yang besar.

Setiap jenis juicer memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Sehingga perlu mempertimbangkan kebutuhan besarnya volume dan besarnya anggaran yang tersedia, juga jenis buah dan sayuran yang akan biasa diproses, serta besarnya watt listrik yang diperlukan guna memilih jenis juice extractor yang tepat sebelum membelinya.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *