Ilustrasi Penggunaan Sealant

Rumah yang memiliki retakan, celah, dan bahkan sampai menyebabkan bocor pasti akan sangat mengganggu. Namun tenang, sekarang ada cara mudah memperbaikinya yaitu dengan menggunakan sealant. Namun sebelum Anda pergi ke supplier sealant bostik untuk membelinya, pastikan dulu Anda tahu cara menggunakan benda ini.

Sealant Tembak

Jenis sealant yang paling banyak dibeli dan digunakan adalah sealant tembak. Walaupun namanya sealant tembak, namun Anda sebenarnya tidak menembakkan cairan sealant. Nama ini muncul karena untuk mengaplikasikan sealant ini, Anda membutuhkan alat lain yang memiliki pelatuk seperti pistol untuk mengeluarkan cairan sealant.

Untuk menggunakan sealant tembak ini, Anda hanya perlu memasang tabung pada alat yang seperti senjata atau biasa disebut gun tersebut, lalu kemudian menekan pelatuk untuk mengeluarkan isinya secara perlahan dan aplikasikan di area yang bocor, retak atau sambungan. Sealant jenis ini butuh waktu 24 jam untuk kering sempurna sehingga tidak cocok untuk digunakan di area basah seperti kamar mandi.

Sealant Tube

Jenis sealant selanjutnya adalah sealant tube yang tidak memiliki alat bantu seperti gun yang ada pada sealant tembak. Namun tenang saja, walaupun begitu sealant tube ini juga tetap cukup mudah untuk digunakan. Anda cukup langsung mengaplikasikannya pada area yang terdampak dan merapikannya dengan tangan.

Sealant dengan tipe tube ini biasanya dipakai untuk orang-orang yang ingin memperbaiki retakan-retakan kecil di tembok rumah. Selain di tembok rumah, sealant tube ini juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan otomotif. 

Sealant Adhesive

Jenis sealant lain yang akan Anda temukan di supplier sealant bostik adalah sealant dengan tipe adhesive. Berbeda dengan sealant yang lain, kemasan sealant ini bukanlah sebuah tabung melainkan kaleng. Penggunaan sealant adhesive ini juga sangat mudah namun Anda perlu menggunakan bantuan kuas untuk mengaplikasikannya.

Hal ini karena sesuai namanya, sealant adhesive memiliki peranan yang lebih mirip seperti lem sehingga cukup berbeda dengan sealant pada umumnya yang berfungsi mengisi dan menambal celah atau retakan. Anda cukup mencelupkan kuas ke dalam kaleng sealant adhesive dan kemudian mengaplikasikannya pada bahan dan area yang perlu disambungkan.

Karena sifatnya yang lebih mirip lem, sealant adhesive ini biasanya dipakai untuk menyambung atau menambal pipa air. Hal ini karena sealant adhesive sangat cepat kering, tidak larut dalam air dan mampu diaplikasikan di sistem air dengan tekanan tinggi. 

Itu dia berbagai jenis sealant dan bagaimana cara menggunakannya dengan baik. Sebelum Anda mendatangi supplier sealant bostik untuk mendapatkan sealant Anda, pastikan Anda sudah tahu jenis sealant mana yang paling cocok untuk kebutuhan Anda. 

By admin

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *